Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Nila

Umpan adalah hal penting yg mempengaruhi keberhasilan memancing. Ada berbagai jenis spesies ikan air tawar, sehingga umpan yg dipakai pun berbeda-beda. Sehingga diperlukan pengetahuan tersendiri utk kalangan pemancing dalam memilih umpan yg pas bagi target ikan tertentu.

Umpan jitu mancing ikan air tawar terbaik dpt digunakan ramuan dari cacing, kroto, jangkrik, udang kecil dan kroto. Anda bs mengolah racikan umpan sendiri menggunakan umpan-umpan tadi dgn ditambah bahan-bahan pelengkap tertentu utk menghasilkan sebuah ramuan umpan yg disukai ikan terget.

1. Cara Membuat Umpan Ikan Nila dgn Pelet

Memancing ikan nila dgn pelet biasanya dilakukan di kolam atau sungai. Untuk pelet bisa memakai pelet serbuk atau pelet yg dlm bentuk bundar kecil.

Untuk memancing, pelet sebelumnya hrus diolah dulu agar terlihat dan kenyal. Hal ini utk mempermudah ketika dipasang di kail nantinya. Pengolahan pelet utk memancing ckp mudah dan gak perlu campuran apa-apa, karena pelet sendiri baunya sdh cukup menggoda nila.

Cara pembuatan umpan pelet:

Untuk pelet dlm bentuk serbuk pembuatannya cukup mudah. Campurkan pelet dgn air secukupnya, kemudian remas-remas hingga dirasa cukup kenyal dan tdk mdh hancur jika terkena air.

Untuk pelet dlm bentuk bulatan cara pembuatannya adlah masukkan pelet ke dalam air panas kurang lbh 1 menit, hingga pelet sudah sedikit mengembang, kemudian tiriskan. Setelah itu diamkan sejenak smpai pelet akan mengembang. Setelah mengembang remas pelet hingga menjadi liat atau mdh dibentuk.

Cara pemasangan umpan pelet:

Ambilah pelet yg sudah liat secukupnya, buatlah bulatan kecil dan pasanglah pd kail hingga kail tertutup pelet. Jika Anda memancing disungai sbaiknya buatlah bulatan2 yg agak besar, hal ini dikarenakan disungai biasanya banyak ikan2 kecil.

Pada umumnya pelet sgt disukai oleh ikan-ikan kecil, seperti wader, sedaker, uceng, dll. Jadi, ketika diserang ikan-ikan kcil seperti ini pelet tdk mudah habis. Biasanya ikan nila tertarik mendekat bila melihat kmpulan ikan kecil berebut makanan. Jadi saat pncing terasa ada tarikan yg kuat, sgera tarik pancing.

2. Cara Membuat Umpan Ikan Nila Babon

Memancing nila babon dgn umpan cutton bud sebenarnya adlah tehnik mancing dgn cara membuat ikatan rangkaian pancing di mana pada bagian mata kail dimasukkan beberapa potongan kecil cutton bud berwarna putih.

Jika tdk ada Anda bs menggunakan butiran kecil sterofom bekas sterofom alat elektronik seperti tv , dvd , dan lain sebagainya.

Umpan rangkaian hook yg masing-masing mata kail sudah diberi umpan potongan cutton bud atau potongan butiran sterofom (busa) itu kemudian cara mancingnya masih seperti biasanya orang mancing, lempar umpan setrofom atau cutton bud tadi ke dalam perairan yg sudah diprediksi terdapat ikan nila target mancing.

Untuk peranti pendukung juga masih sama rangkaian joran (Rod), senardan reel (ada juga yg menggunakan gulungan biasa).


3. Campuran Umpan Lumut Untuk Mancing Nila


Untuk memilih cmpuran umpan lumut mancing nila, ada baiknya Anda memperhatikan jenis lumut yg dipilih. Anda bisa membuat campuran umpan lumut mancing nila dgn memilih lumut sungai yg masih segar. Lumut sungai ini bisa Anda dpt dari sungai itu sendiri atau bebatuan yg ada di sekitar daerah persawahan.

Utk memilih campuran umpan lumut utk mancing nila, Anda bisa memilih yg masih segar, hijau, dan sudah memiliki helaian yg merupakan tanda bahwa lumut tersebut sudah tua.

Jika Anda merasa kesulitan utk mendapatkan umpan dgn bahan lumut, biasanya ini sdh disediakan di sepanjang jln menuju waduk atau danau pemancingan.

Anda bisa menggunakan lumut murni sbgai umpan utk memancing ikan nila. Namun, tak menutup kemungkinan campuran umpan lumut mancing nila dpt digabung dengan cacing dan juga pelet jika Anda memilikinya.

Caranya membuatnya ckp mudah. Anda hnya perlu menghaluskan lumut dan mencampurnya dgn pelet serta cacing. Dgn begitu, umpan sudah siap untuk diberikan pada ikan nila yg ada di kolam ikan.

Atau, bisa jg Anda memakai umpan dari lumut sawah. Campurkanlah esen pandan pd lumut supaya baunya wangi yg akan menambah ketertarikan ikan Nila. Cara ini adlah racikan paling simpel bagi Anda yg tidak mau repot.

4. Umpan Mancing Ikan Nila di Danau

Umpan mancing ikan nila di danau bisa menggunakan umpan yg berbahan lumut yang banyak hidup dipersawahan. Lumut sawah yg bisa digunakan untuk umpan memancing adalah lumut yg berusia tua atau lumut yang sudah ranum.

Yang paling perlu diperhatikan adalah ukuran lumut yg panjang. Sehingga nanti lumut tersebut mudah untuk dikaitkan dgn mata pancing.

Lumut yg mempunyai bntuk menyerupai rambut dgn warna hijau tua ini sangat mudah didapati di area sawah atau bisa juga didaerah parit kecil yg tergenang air.

Jika umpan mancing ikan nila di danau dgn menggunakan umpan lumut sawah ini maka ikan nila akan tertarik dan segera memakan umpan tsbt. Lumut juga sangat cocok utk memancing nila liar yg berukuran induk atau babon.

Umpan mancing ikan nila di danau juga bisa mnggunakan umpan dari cacing. Namun cacing yg digunakan tdk boleh sembarangan, hnya bisa menggunakan cacing laut atau cacing merah.

Ikan nila yg hidup di danau paling menggemari cacing laut, sehingga umpan dgn cacing jenis ini sangat efektif.

Cacing laut sebenarnya hnya sebutan saja utk jenis cacing kecil-kecil dgn kaki lembut mirip dengan kelabang. Cacing ini banyak dijumpai di daerah sawah atau sungai-sungai kecil yg berdekatan dengan wilayah laut atau di kawasan pesisir pantai.

Jika sulit mnemui di alam, Anda bisa mmbeli cacing ini di toko-toko penjual pakan burung atau di toko khusus perlengkapan mancing.

Tips jika Anda ingin mnggunakan umpan mancing ikan nila di danau, maka gunakanlah umpan cacing laut. Karena cacing laut yg dikaitkan dengan mata pancing itu mudah putus ketika digunakan.

Maka tak ada salahnya jika Anda membawa cadangan cacing laut yg lebih banyak agar Anda tdk kehabisan umpan ketika tengah bergelut dgn ikan nila liar yang besar.


0 Response to "Cara Membuat Umpan Mancing Ikan Nila"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel