Cara Mancing Ikan Lele Di Kolam

Mancing ikan lele di kolam pemancingan/empang/blumbang saat ini mrupakan aktivitas yg cukup digemari oleh banyak para pemancing mania dikarenakan umpannya yg cukup mudah didapat dan keagresifan  ikan lele dalam memakan umpan pancing menjadi saat-saat yg sangat dinikmati dan ditunggu-tunggu oleh para mancing mania.


Ikan lele sebenarnya mrupakan ikan Nokturnal yg pada habitat alamiahnya mlakukan aktifitas pencarian makannya lebih agresif pada malam hari dan pada siang hari lebih kepada berdiam diri dan berlindung ditempat yg teduh dan gelap.

Akan tetapi pd kolam pemancingan / empang ikan lele yg paling biasa dipakai utk dipancing adalah hasil dari budidaya kolam / empang alias bukan dari alam, dikarenakan sdh sejak dari kecil diberi makan baik dipagi hari, siang hari sore hari ataupun malam hari, ikan lele ini sdh tidak lagi mnjadi  berprilaku nokturnal murni akan tetapi mencari makan disetiap saat dia merasa lapar .

Berikut ini Beberapa Tips Memancing ikan lele pada kolam pemancingan harian / empang

1. Umpan

Untuk memancing ikan lele umpan yang digunakan :

Cacing Tanah
Ulat
Serangga
Potongan2 dging ikan dan belut (bisa dikukus, dibakar ataupun digoreng)
Potongan2 dging unggas dan sapi (bisa dikukus digoreng ataupun dibakar)
Telur Semut / Kroto
Pelet lele yg sudah jadi dan dijual ditoko umpan dicampur dengan daging giling ataupun dicampur daging ayam yang sudah dikukus

2. Mata Pancing dan Benang pancing.

Gnakan kail / mata pancing ukuran 8 – 10 sesuai selera anda dan kaitkan 2 atau 3 mata kail, benang pancing yg kuat untuk menarik ikan berukuran 3 Kg dan usahakan berwarna tidak terang. gunakan pelampung yg agak tinggi agar lebih mudah melihat pancing anda sdh dimakan atau belum oleh ikan

3. Tempat / Lapak

Carilah Tempat / Lapak yg kira-kira menurut anda galian tanah kolam pemancingannya ckp dalam walaupun pd saat baru diatruh dikolam ikan lele akan langsung memutari kolam pemancingan tetapi besar kemungkinan ikan akan lebih dahulu menghampiri kolam yg lebih dalam galian tanahnya. Jika ada lapak pinggir dikolam tersebut yg bersisian dengan keramba ikan biasanya ikan lele akan menghampiri kesisi tersebut. Jika anda mmancing disiang hari cari posisi tempat yg teduh dan apabila kelihatan ada lobang pada pinggir kolam pemancingannya biasanya ikan lele bersembunyi disekitar tempat tsb.

4. Selera Makan Yang berubah-ubah

Pada saat memancing bawalah lbih dari 2 macam umpan yg tertera pada No. 1 dikarenakan selera ikan lele yg cepat berubah dlm makan.

5. Benang Pancing yang sering ditabrak

Ikan lele yg berubah-ubah slera makannya pd saat sdh berada didekat umpan anda biasanya dia hanya melewati umpan tersebut dan terkadang menyentuh benang pancing anda sehingga pelampung anda bergoyang. Pd saat seperti ini sebaiknya anda segera menyentak pancing anda dgn harapan mata pancing anda tersangkut pd tubuh si ikan tersebut

0 Response to "Cara Mancing Ikan Lele Di Kolam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel