Cara Memancing Ikan Nila Agar Strike

Ikan nila merupakan ikan yang suka hidup di sungai, waduk, atau pun rawa. Hampir semua pemancing pasti mengetahui bahwa ternyata ikan nila ini sgt mdh sekali ditemui di beberapa tempat yg disebutkan tadi.

Sifat dari ikan nila ini adalah rakus makannya dan mudah sekali berkembangbiak, selain itu fisiknya cukup kuat di dalam air yg keruh. Benar saja bahwa ikan nila ini bisa berukuran sangat besar, biasanya ikan besar ini hidup di dalam sebuah perairan liar.


Memang hampir di seluruh wilayah indonesia terdapat ikan nila ini namun tahukah Anda bahwa ternyata ikan nila ini tidak berasal dari negara Indonesia melainkan berasal dari afrika. Namun begitu ikan nila ini memiliki populasi yg tidak sedikit di perairan air tawar di indonesia.

Itulah alasan mengapa banyak orang yg memburunya sebagai ikan konsumsi sekaligus untuk di budidayakan. Sekarang kita akan membahas tentang cara mancing ikan nila yg benar dan juga apa umpan yg paling tepat untuk menangkap ikan tersebut.

Cara Mancing Ikan Nila


Ikan Nila termasuk ikan omnivora yaitu pemakan segala jenis makanan. Untuk menarik ikan nila para pemancing dpt menggunakan umpan alami seperti cacing, laron atau umpan tumbuh-tumbuhan yaitu lumut. Cara mancing nila terbilang mudah, karena ikan nila termasuk kedalam ikan yg memakan apa saja.

Namun, Anda juga perlu beberapa tips ampuh utk menaklukan ikan nila liar ini. Berikut ini tipsnya:

Sama halnya dgn ikan mujair, ikan nila ini merupakan omnivora. Ikan ini memakan segala jenis umpan, baik dari lumut, daun talas, pelet, hingga cacing. Tetapi, yg paling baik untuk dijadikan umpan mancing ikan nila adlah lumut. Lumut yang dapat digunakan adalah lumut berwarna hijau dan yang halus
Mujair atau nila terbiasa membuat sarang berupa lubang di dasar empang atau danau yang digunakan untuk tempat tinggal, perkawinan dan memijah. Hal pertama yang harus diperhatikan saat memancing ialah, mencari terlebih dahulu lubang-lubang tersebut di daerah tepian yang agak dangkal yang berisi tanaman air.
 Untuk piranti pancing yang digunakan,bisa memakai senar ukuran 4-8 lbs, disesuaikan dengan reel dan joran. Untuk ukuran mata kail sekitar 7-11 lbs.
Uniknya, memancing ikan nila bisa menggunakan pancingan tegeg tanpa ril maupun kenur. Dengan rangkaian seperti mancing ikan mas berpelampung, model pelampung boleh bulat atau model bulu dengan pemberat sebesar biji kedele. Penggunaan mata kail dirangkai 2 atau 3.
Pertama-tama setel pelampung sepanjang kedalaman rata-rata pada sungai atau kolam, lalu tenggelamkan secara perlahan ke perairan. Lihat posisi pelampungnya, pindahkan ke berbagai arah. Perhatikan bila pelampung tiba-tiba tenggelam lebih dalam, bila lubangnya berpenghuni maka si nila akan berusaha menyingkirkan rangkai kail yang memasuki sarangnya.Hal ini membuat pelampung bergerak-gerak dan tinggal kecermatan pemancing untuk menyentak jorannya.

Cara Mancing Ikan Nila yang Susah Makan


- Silahkan Anda buat suasana kondisi air agar agak sedikit keruh
- Kemudian pastikan juga keadaan sirkulasi air berjalan lancar, dimaksudkan utk kadar oksigennya maksimal
- Anda bs mnggunakan umpan cacing, dimana cacing yg jitu adalah cacing cau atau cacing yg hidup di pohon pisang yang sudah membusuk, selain itu Anda jg bisa menggunakan umpan dari lumut. Namun perlu diketahui sebelumnya lumut hrus dicampur cuka dan garam agar umpan ikan nila mnjadi jitu dan ampuh.
- Gunakan joran yg mudah untuk melempar umpan, untuk ukuran bandul jangan terlalu besar gunakan bandul kecil saja yang tujuannya agar waktu dilempar ikan tidak kabur karena tersentak suara bandul kedalam air.

Teknik selanjutnya utk cara mancing ikan nila yg mogok makan adalah coba Anda lemparkan kail umpan melewati kerumunan ikan nila target. Kemudian pastikan umpan sampai ke dasar air, setelah itu tarik pelan-pelan.

Tujuannya supaya ketika kail umpan ditarik pelan-pelan, cacing atau lumut umpan memancing ikan nila akan bergoyang-goyang, sehingga goyangan ini akan menggoda ikan nila. Dengan begitu ikan nila yg predator dengan refleknya akan menyambar umpan tersebut, dan strike.

Cara Mancing Ikan Nila Liar


Berdasarkan pengamatan oleh beberapa penghobi yang sudah sangat berpengalaman dibidang memancing ikan. Ikan nila liar cara hidupnya slalu bergerombol, baik ketika berenang ketepian ataupun pd saat berenang di daerah kedalaman. Ikan nila yg mau makan cirinya selalu berenang di pinggiran.

Jika memancing di daerah pinggiran (daerah dangkal) tidak berhasil maka bisa dipastikan bahwa semua ikan nila sdh sembunyi di kedalaman secara bergerombol.

Untuk memancing ikan nila sebenarnya akan lebih mdh ketika sdh musim penghujan. Karena jenis binatang air tawar ketika hujan kandungan oksigen di dalam air smakin meningkat, akhirnya ikan air tawar yg diantaranya ikan nila mudah skali lapar.

Selain mdh lapar, ikan nila jg memiliki kebiasaan utk berenang ketepian mengikuti volume air yg semakin bertambah. Oleh sebab itu, memancing di bawah jatuhnya air hujan yg deras akan semakin mempermudah bagi para pemancing.

Saat saat musim penghujan jg, ikan ini akan lbih sering berenang ketepian. Meskipun umpan nila yg dipakai biasa-biasa saja, dan tidak memakai resep khusus ataupun esen umpan. Sudah pasti nila akn menyambar kail pancing yg sudah dilempar.

0 Response to "Cara Memancing Ikan Nila Agar Strike"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel