Cara Mancing Ikan Patin di Kolam

Ikan patin adalah salah satu ikan yg banyak sekali diminati oleh para penggemar mancing, tubuhnya yg panjang dan sedikit liar menjadi tantangan tersendiri pada saat strike. Selain itu ikan patin juga memiliki keunikan tersendiri.


Tidaklah heran bila kemudian ikan patin ini mnjadi salah satu ikan yg diperlombakan terutama di kolam galatama. Mancing ikan patin jelas berbeda dgn mancing ikan mas atau ikan lainnya, karena itu ada cara-cara tertentu yg patut diketahui agar sukses mancing ikan patin.

- Rangkaian pancing bs memakai pelampung atau glosor. Umumnya terdiri dari 1 atau 2 mata kail dengan ukuran kecil smpai sedang, karena mulut ikan patin ini tdk besar jadi disarankan menggunakan kawat kecil dan lemas, kili-kili serta timah pemberat.

- Apabila anda suka mnggunakan pelampung, jarak antara kail dan pelampung harus sama dgn kedalaman sungai atau kolam agar umpan dpt menyentuh dasar. Caranya ikatkan pancing ke nikelin/kenur pandu spanjang 5-7 cm, kmudian ikatkan nikelin ke kili-kili.

- Lalu sbelum kili-kili diikatkan ke senar utama, jgn lupa untuk memasukkan timah pemberat di senar utama. Pastikan timah pemberat yg digunakan adalah timah yang berlubang di tengah. Stelah timah dimasukkan, ikatkan senar utama ke kili-kili yg tersambung dengan mata kail.

- Stelah rangkaian pancing jadi, gunakan karet stopper di senar utama sebagai penjaga agar timah tdk berjalan terlalu jauh dari kili-kili. Jarak 5 cm biasanya sdh cukup baik.
Ikan patin tdk akan membawa umpan dlm satu kali sentakan, begitu senar bergerak, hentakan joran anda. Apabila terlambat menyentak mk umpan akan terbuang sia-sia.

- Jgn lupa setelan drag yg disesuaikan dengan ukuran senar. Hentakan pertama tdk akan membuat ikan patin berukuran besar melawan dgn kuat, namun semakin ke pinggir ikan akan mulai “mengamuk”.

- Hati-hati, hentakan mendadak dari patin terhadap senar kecil dpt memutuskan tali senar. Ketika ikan sdh dekat dan siap untuk diangkat, siapkan serokan utk mengangkat ikan dan jgn memegang senar pancing.

Itulah beberapa Cara Mudah Mancing Ikan Patin Di Kolam yg bisa anda praktekan langsung saat memancing. Dan utk racikan umpan ikan patin itu sendiri biasanya para pemancing galatama kebanyakan menggunakan umpan aci dgn tambahan essen oplosan.

0 Response to "Cara Mancing Ikan Patin di Kolam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel