Cara Mancing Ikan Mas Paling Jitu

Di kalangan pemancing, ikan mas merupakan ikan yg banyak diburu lantaran memiliki daya tarik tersendiri. Selain rasanya enak, ikan mas juga mempunyai tenaga yg cukup kuat sehingga tarikan yang dihasilkannya pun terasa super. Sbuah kebanggaan tersendiri apabila di suatu sesi mmancing kita berhasil mengeluarkan ikan ini dari air.


Yang perlu kita ketahui, kebiasaan utama ikan mas adlah mencari makanan yg terletak di dasar air. Ikan ini sangat menyukai jasad-jasad renik dan biota air yg bersembunyi di dalam lapisan lumpur. Oleh karena itu, teknik pemancingan yg paling tepat digunakan utk menangkap ikan mas yaitu bottom fishing (pemancingan dasar).

Cara Ampuh Memancing Ikan Mas

1. Pakai Line yang Super

Kenapa sebaiknya memakai line yg super utk memancing ikan mas? Tujuannya ialah utk meningkatkan daya kepekaan kita trhadap gerakan line jika sewaktu-waktu umpan tlh dimakan. Di samping itu, pemakaian line PE juga berguna utk meminimalisir terbentuknya bayangan pd line sehingga smakin tak terlihat oleh ikan mas. Nmun ingat, penggunaan line yg super ini perlu dikombinasikan pula dgn pemilihan joran dan reel yg memadai.

2. Tarik Pada Saat yg Tepat

Ikan mas seringkali hya menyambar umpan yang jatuh ke air, tanpa melahapnya langsung. Jadi Anda harus peka dlm membedakan mna sambaran dan tarikan mlalui gerakan tali senar. Cbalah menaruh jari telunjuk Anda pada line utk mndeteksi gigitan pada umpan Anda. Ketika senar terlihat bergerak maju dan meliuk-liuk, inilah waktu yg paling tepat utk mengangkat kail.

3. Ketuk Joran Pancing

Ada suatu saat di mana ikan hanya bermain-main dengan umpan kita tanpa berniat utk memakannya sama sekali. Kalau sudah begini, Anda harus mengejutkan ikan tersebut secara tiba-tiba sehingga mata kail yg dipermainkan oleh ikan mas akan tersangkut ke mulutnya tanpa sengaja. Caranya yaitu ketuk-ketuklah tongkat joran beberapa saat ketika senar Anda tmpak bergerak.

Getaran yg disalurkan ke line dan menyebabkan kail bergerak akan membuat ikan terkaget-kaget. Jika kemudian line terlihat bergerak bebas kesana-kemari artinya itulah saat yg paling tepat untuk menarik kail sebab umpan sudah benar-benar masuk ke dalam mulut ikan mas.

4. Carilah Spot Mancing yg Tenang

Semua pemancing skelas para profesional pun selalu diawali dari pemula. Kegigihan mereka dlm belajar, menimba ilmu, dan memraktikkannya berbuah pada suatu keahlian yang manis. Salah satunya ialah belajar dlm menaksir kelayakan spot. Biasanya ikan mas cenderung memilih perairan yg kondisinya tenang.

So, pilihlah spot yg memiliki kedalaman paling dalam lalu fokus pada lokasi tersebut. Area yg ideal lainnya yaitu saluran keluar masuknya air, di bawah pancuran, tiang penyangga pancuran di tengah kolam, dan pinggiran kolam yang menjorok ke dalam.

5. Pilihan Alat Pancing

Alat pancing yang cocok utk memancing ikan mas antara lain joran yg memiliki ujung yang lembut, dilengkapi dengan pelampung, dan tidak usah memakai katrol. Gunakan pula senar pancing yg berdiameter kecil tetapi kuat serta pasang mata kail nomor enam. Sdgkan pilihan umpannya seperti pelet, udang rawa, ulat daun pisang, dan ulat bambu.

0 Response to "Cara Mancing Ikan Mas Paling Jitu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel